Minggu, 21 April 2013

Contoh Merek Yang Serupa


HAK MEREK adalah Hak milik yang diberikan oleh Negara kepada setiap individu atau kelompok atas kepemilikan suatu nama atau logo produksi maupun perusahaan. Dalam UU No. 15 Tahun 2001 pasal 1 butir 1 tentang merek, menyatakan bahwa merek adalah tanda yang berupa gambar nama, kata, huruf huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembedaan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa.

Jenis-jenis merek diatur dalam Pasal 1 ayat 2 dan ayat 3 Undang-Undang No. 15 Tahun 2001 Tentang Merek. Berdasarkan pasal tersebut terdapat 2 jenis merek yaitu; Merek Dagang dan Merek Jasa.
1. Merek dagang disebut juga merek barang dimana merek ini digunakan untuk nama barang atau produk yang diperjualbelikan oleh individu atau kelompok atau badan hukum untuk membedakan dengan barang-barang sejenis lainnya.
2. Merek jasa adalah merek yang digunakan pada jasa yang diperdagangkan oleh individu atau kelompok atau badan hukum untuk membedakan dengan jasa-jasa sejenis lainnya.   

Merek juga dapat diklasifikasikan menurut bentuk dan wujudnya. Berikut ini adalah jenis merek menurut bentuk dan wujudnya:
1. Merek lukisan (bell mark)
2. Merek kata (word mark)
3. Merek bentuk (form mark)
4. Merek bunyi-bunyian (klank mark)
5. Merek judul (title mark)

Untuk mendapatkan hak merek, maka produk tersebut perlu didaftarkan pada Direktotrat Jendral Hak Kekayaan Intelektual. Setelah mengajukan permohonan hak merek tersebut maka akan dilihat apakan merek tersebut dapat diterima atau harus ditolak. Permohonan dapat ditolak jika merek mempunyai kesamaan dengan merek milik pihak lain yang telah terdaftar terlebih dahulu. Setelah disetujui maka pengaju akan mendapatka sertifikasi merek yang berlaku selama 10 tahun dan harus diperpanjang 12 bulan sebelum masa berlaku merek tersebut berakhir.

          Penggunaan merek pada produk adalah hal mutlak yang harus dimiliki. Merek dapat mempermudah konsumen untuk mengenali suatu produk. Larisnya suatu produk tidak terlepas dari peran merek yang diusungnya. Terkadang perusahaan memakai nama merek yang menarik dan mudah diingat oleh konsumen.
     Tetapi dibalik kesuksesan sebuah produk pasti ada saja pesaing yang ingin ikut mencicipi kesuksesan tersebut, misalnya saja membuat produk yang serupa dengan produk yang telah sukses dipasaran atau parahnya lagi adalah membuat merek yang sama atau hampir sama sehingga konsumen sering salah mengira produk tersebut sebagai produk yang dimaksudkan.
       Banyak contoh produk yang dapat kita jumpai menggunakan merek yang serupa dengan produk yang serupa. Produk ini banyak merugikan konsumen karena belum tentu kualitas yang ditawarkannya sama atau setara dengan produk yang telah sukses tersebut. 
      Contohnya saja produk sepatu All star dari Convers. produk ini sangat laris dipasaran. Bentuk sepatu ini sangat disukai oleh anak muda.Kualitas yang ditawarkan pun sangatlah baik sehingga banyak konsumen yang lebih memilih produk sepatu ini dibandingkan produk yang lain terlebih dikalangan remaja. Kesuksesan ini tentu membuat iri pihak lain, banyak cara yang dilakukan untuk mengikuti kesuksesan tersebut seperti yang dilakukan oleh produsen produk Ball Star. Produk ini sama-sama memproduksi produk sepatu. Kesamaan merek dijadikan andalan untuk laris dipasaran. Kesamaan merek dengan Ball Star sering kali merugikan konsumen. Konsumen sering salah melihat Ball Star dengan All Star karena kemiripan namanya. Ball star memiliki kesamaan merek dalam hal bunyi-bunyian dan kesamaan kata, karena yang membedakannya hanya huruf "B" pada Ball Star. Pengucapan merek ini pun sering terdengar serupa oleh konsumen. Tentu akan sangat merugikan konsumen apalagi kualitas yang ditawarkan jauh dibawah merek aslinya walaupun dengan harga yang jauh lebih murah. 


Dibawah ini terdapat contoh merek yang memiliki kesamaan baik dalam bentuk, nama dan jenis produk yang diperdagangkan.

1. McDonald's dengan oMc McDnoald"s, tempat makan ini memiliki nama dan bentuk logo yang hampir serupa dengan produk McDonald's yang telah sukses terlebih dahulu.
 

2. KFC dengan KFG, tempat makan KFG memiliki nama dan logo yang mirip dengan KFC yang telah terlebih dahulu dikenal
 

3. Adidas dengan Adadas, Peniruan nama dan bentuk logo yang benar-benar mirip adidas bahkan sama-sama produk tas
 


4. All Star dan Ball Star, Produk sepatu Ball Star meniru merek dan bentuk logo produk All Star

 














5. Blackberry dan Blueberry, Produk Ponsel Blueberry meniru merek ponsel Blackberry dalam penulisan merek dan bentuk produk yang sama.
 

 6. NIKE dan NKIE, produk sendal dengan merek NKIE meniru produk NIKE
 
7. OREO dengan ORIORIO, produk makanan ORIORIO meniru merek OREO

 

8. Panasonic dengan Panasuper, produk baterry Panasuper ini meniru merek Panasonic dalam bentuk dan nama merek.
 

9. SO NICE SOSIS dan SO GOOD SOZZIS, produk sosis ini memiliki kesamaan merek bunyi.

 
10. SONY dan SQMY, produk stick ps ini memiliki kesamaan merek dalam bentuk yang hampir mirip.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar